Berita

Sosialisasikan Bangga Kencana Lewat Gapura dan Mural

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok melakukan sosialisasi program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) tidak hanya melalui pertemuan tatap muka. Namun kini promosi program Bangga Kencana melalui lukisan dinding (mural) dan gapura.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada DP3AP2KB Kota Depok, May Haryanti mengatakan, sosialisasi melalui mural dan gapura merupakan salah satu bentuk penguatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Langkah ini dilakukan agar masyarakat semakin mengenal Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dan kegiatan yang ada di dalamnya.

“Tahun 2022 kami sudah buat gapura di 13 lokasi dan mural di 25 lokasi Kampung KB,” katanya¬† Senin (09/01/23).

May menjelaskan, mengenalkan program Bangga Kencana melalui karya seni mural di dinding jalan menjadi media informasi yang cukup baik digunakan saat ini. Karena dengan tulisan dan gambar, masyarakat akan tertarik membaca dan memahami isi informasi tersebut.

Adapun informasi yang ditampilkan dalam mural itu, di antaranya terkait keluarga berencana, cegah stunting, Lanjut Usia (Lansia) tangguh. Lalu Generasi Berencana (GenRe), Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) serta delapan fungsi keluarga.

“Alhamdulillah atas pembuatan mural dan gapura yang ciamik ini Kota Depok diganjar penghargaan juara pertama Kategori Kabupaten/Kota Apresiasi Pengelolaan Media Luar Tingkat Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

“Kami berharap masyarakat jadi semakin memahami program Bangga Kencana itu apa, tentunya juga menjaga dan merawat gapura dan mural tersebut,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *