Uncategorized

KAJIAN ANALISIS SITUASI IBU DAN ANAK (ASIA)

Dalam rangka lebih memantapkan perencanaan pembangunan tertama dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, BPMK Kota Depok pada tahun 2014 melaksanakan Kajian Analisis Ibu dan Anak (ASIA).

Pada hari Kamis pada tanggal 2 Oktober 2014 bertempat di A  ula BAPEDA Kota Depok telah dilaksanakan ekspose/paparan hasil Kajian ASIA yang juga disinergikan dengan kajian Kelurahan Layak Anak.

Kajian tersebut diikuti oleh seluruh anggota Gugus Tugas Kota Layak Anak.

Dari hasil kajian ASIA dan Pengembangan Kelurahan Layak Anak ada beberapa rekomendasi yang perlu ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota Depok diantaranya :

  1. Hak pengasuhan dalam lingkungan keluarga perlu didukung melalui peningkatan kapasitas keluarga dalam memenuhi kebutuhan anak dan tumbuh kembang.
  2. Pada kluster kesehatan dan kesejahteraan maka direkomendasikan perbaikan pola peran dan ditingkatkan agar pemangku terkait dapat berperan optimal untuk menuntaskan masalah kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak.
  3. Berkaitan dengan kesejahteraan terutama dalam hal sanitasi dan lingkungan, perlu dilakukan realisasi program dan upaya maksimal dalam mengatasi masalah lingkungan.
  4. Untuk hak pendidikan, kebudayaan dan rekreasi, permasalahan berupa pengetahuan dan akses terhadap pengetahuan yang masih belum optimal sehingga masyarakat perlu diberikan program peningkatan pengetahuan.
  5. Dalam hak perlindungan khusus permasalahan seperti anak terlantar dan anak jalanan, anak cacat dan kekurangan fisik lainnya serta anak yang berhadapan dengan hukum masih dipandang sebagai masalah utama pada anak di Kota Depok. Peran penting Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai lembaga yang berperan penting dalam kluster perlindungan anak.
  6. Hak kebebasan dan hak-hak sipil pada ibu dan anak di Kota Depok masih perlu ditingkatkan terutama dalam hak memiliki akte kelahiran bagi anak dan akte nikah bagi ibu.

Dari hasil kajian pengembangan Kelurahan Layak Anak, data-data yang diperoleh dari 4 Kelurahan percontohan (Kelurahan Gandul, Kelurahan Mekarsari, Kelurahan Cipayung Jaya dan Kelurahan Bhakti Jaya) dapat melengkapi kebutuhan data dikajian ASIA.

ASIA 3 ASIA 1 ASIA 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *