Tentang Dinas

Visi Misi Tujuan dan sasaran

Visi

Visi merupakan pandangan jauh kedepan mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Dalam rangka mendukung visi Pemerintah Kota Depok yaitu ”Terwujudnya Kota Depok yang Maju dan Sejahtera” dengan misinya yang ke 4 (empat) adalah mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, kreatif dan religius maka sebagai bagian dari organisasi perangkat daerah kota Depok Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana merumuskan visinya sebagai berikut :

”Terwujudnya kesetaraan gender dan keluarga berkualitas”

Visi tersebut mencerminkan keinginan atau cita-cita untuk terwujudnya kesetaraan gender dan masyarakat Depok yang berkualitas, yang dapat dijelaskan sebagai berikut :

”Kesetaraan Gender adalah persamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan nasional, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut.

”Keluarga Berkualitas” berarti Keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan kedepan, bertanggungjawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Misi

Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan instansi sebagai penjabaran visi yang telah ditetapkan. Dalam upaya pencapaian visi tersebut maka Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana menjabarkan dalam misi, yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak dengan memperkuat pengarusutamaan gender (PUG) dan pengarusutamaan hak anak (PUHA).
  2. Meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mewujudkan keluarga berkualitas.
  4. Meningkatkan Sumber Daya Aparatur.

 

Tujuan

Tujuan adalah suatu yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. Tujuan pelaksanaan kegiatan pada Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana merupakan penjabaran dari visi dan misi yang telah ditetapkan.

Untuk  misi 1 :       Meningkatkan kualitas hidup perempuan dan anak dengan memperkuat pengarusutamaan gender (PUG) dan pengarusutamaan hak anak (PUHA),

maka tujuan yang akan dicapai adalah :

  • Meningkatkan pengarusutamaan hak anak.
  • Meningkatkan pengarusutamaan gender.
  • Peningkatan  kualitas, kesejahteraan dan perlindungan perempuan dan anak.

Untuk misi 2 : Meningkatkan kualitas dan aksesibilitas pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, maka tujuan yang akan dicapai adalah :

  • Mengendalikan laju pertumbuhan penduduk (LPP).

Untuk misi 3 : Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mewujudkan keluarga berkualitas, maka tujuan yang akan dicapai adalah :

  • Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan keluarga berkualitas

Untuk misi 4 : Meningkatkan Sumber Daya Aparatur, maka tujuan yang akan dicapai adalah :

  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Aparatur

 

 

Sasaran

Sasaran merupakan penjabaran dari tujuan  yang menggambarkan  suatu yang akan dicapai. Sasaran bersifat spesifik, terinci, dapat dicapai dan diupayakan dalam bentukkuantitatif sehingga dapat diukur.

Adapun sasaran yang akan dicapai oleh Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Depok sampai pada akhir tahun 2016 adalah :

 

  1. Untuk tujuan “Meningkatkan pengarusutamaan hak anak”, maka ditetapkan sasaran : Terwujudnya Depok Kota Layak Anak.
  2. Untuk tujuan “Meningkatkan pengarusutamaan gender”, maka ditetapkan sasaran : Terwujudnya Pembangunan yang responsif gender.
  3. Untuk tujuan “Peningkatan kualitas, kesejahteraan dan perlindungan perempuan dan anak”, ditetapkan sasaran : Meningkatnya peran perempuan dalam pengentasan kemiskinan.
  4. Untuk mencapai tujuan “Mengendalikan laju pertumbuhan penduduk” maka ditetapkan sasaran sebagai berikut: Menurunnya laju pertumbuhan penduduk (LPP).
  5. Untuk mencapai tujuan “Meningkatkan kepedulian masyarakat dalam mewujudkan keluarga berkualitas”, maka ditetapkan sasaran sebagai berikut:
  • Meningkatnya kinerja Pokjanal Pos Yandu.
  • Meningkatnya ketahanan keluarga melalui pembentukan kelompok bina keluarga.

Untuk mencapai tujuan “Meningkatkan kualitas Sumber Daya Aparatur“,  maka ditetapkan sasaran sebagai berikut:Meningkatnya kualitas sumber daya aparatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *